Setup Menus in Admin Panel

Negara Paling Korup Sedunia, Indonesia Aman!

Negara paling korup. Selalu ada alasan dibalik makmurnya sebuah negara. Salah satu yang paling kentara adalah kenyataan bahwa negara tersebut tidak dipenuhi oleh orang-orang yang ‘hobi’ memanfaatkan keadaan. Dalam hal ini, terbiasa dengan praktik korupsi, kolusi dan nepotisme.

Di negara-negara ini, katakanlah yang bersih dari praktik korupsi, bahkan suap saja tak ubahnya kejahatan besar. Saking harus dicegahnya, di Denmark misalnya, para pejabat yang akan dilantik menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan bekerja di pemerintahan, harus terlebih dulu mengikuti tes khusus di bidang KKN. Dengan begitu, ke depannya mereka bisa membedakan mana yang menjadi milik pribadi dan mana yang bukan.

Di Selandia Baru, sebagai negara yang menempati posisi kedua dalam hal kebersihan (maksudnya dari praktik korupsi), orang yang terbukti melakukan korupsi seperti menerima suap dan kejahatan yang berkenaan dengan hal ini akan dikenai sanksi penjara minimal 14 tahun. Jauh lebih lama ketimbang seseorang yang melakukan pembunuhan di negara berkembang.

Tentu saja, itu belum termasuk sanksi sosial, yang dianggap lebih manjur ketimbang memberi hukuman mati sekalipun. Adakalanya, tak jarang karena tekanan publik pejabat yang korup akan mundur dengan sendirinya. Tidak perlu menunggu dipecat seperti halnya kasus-kasus yang terjadi di sejumlah negara yang masuk kategori paling korup.

(Baca juga: Mengintip Sejarah Demokrasi di Dunia)

Lantas, apakah negara paling “bersih” ini benar-benar terbebas dari praktik korupsi? Tentu saja jawabannya tidak. Tapi paling tidak, di negara-negara seperti Denmark, Selandia Baru, Finlandia, Singapura dan Swedia – yang masuk sebagai 5 besar negara paling bersih dari praktik korupsi, kasus Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) sangat sedikit.

So, tidak berlebihan jika kemudian negara-negara tersebut melenggang pula sebagai negara maju. Tak seperti di negara paling korup, disini kualitas pelayanan pemerintahan dan infrastruktur dijamin sangat mapan. Karena apa? Ya itu tadi, tidak dikorupsi.

Sementara itu, di sejumlah negara yang masuk kategori paling korup, korupsi seperti telah menjadi kebiasaan. Sama halnya dengan seorang anak yang mencuci tangan dan kaki sebelum tidur. Dan ini dilakukan oleh hampir semua kalangan. Mulai dari yang ada di pemerintahan, hingga swasta. Mulai dari penyalahgunaan seperti penggelapan dan nepotisme, hingga penipuan.

Dampaknya apa? Banyak. Dalam bidang politik, korupsi mempersulit demokrasi dan tata pemerintahan yang baik (good governance). Dalam bidang ekonomi, ini jelas mempersulit pembangunan dengan membuat distorsi dan ketidakefisienan yang tinggi.

Sementara negara yang paling bersih dari korupsi rata-rata merupakan negara yang mapan secara ekonomi, serta memiliki transparansi yang tinggi dalam berbagai bidang, Corruption Perceptions Index (Indeks Persepsi Korupsi) menyebut sejumlah negara di luar sana memiliki raport buram terhadap itu semua. Hal ini secara tidak langsung menjadikan negara-negara tersebut sebagai negara paling korup. Nah, negara mana saja?

Mengacu pada skala 0-100, dimana 100 artinya sangat bersih dari praktik korupsi, berikut ini 10 negara dengan indeks persepsi korupsi paling rendah:

  1. Guinea Bissau (18)
  2. Libya (18)
  3. Korea Utara (17)
  4. Venezuela (16)
  5. Afganistan (16)
  6. Sudan (16)
  7. Yaman (15)
  8. Syria (13)
  9. Sudan Selatan (12)
  10. Somalia (9)

0 responses on "Negara Paling Korup Sedunia, Indonesia Aman!"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy