Setup Menus in Admin Panel

Mengintip Kehidupan Manusia Sebelum Ada TV

Salah satu perbedaan terbesar antara anak-anak masa kini dan anak-anak zaman dulu – katakan saja zaman kakek-nenek kita masih kecil, adalah bagaimana cara mereka menghabiskan waktu. Alih-alih terpaku pada layar smartphone dan televisi (TV), kakek dan nenek kita menghabiskan waktunya dengan bermain di luar rumah. Entah itu sekedar main perang-perangan, masak-masakan dan sebagainya.

Tentu saja, ini menjadi mungkin pula berkat situasi saat itu, dimana mobil masih sangat sedikit, halaman masih luas dan sebagainya. Sehingga membiarkan anak bermain di luar rumah pun tidaklah menjadi hal yang menakutkan bagi para orang tua. Pun demikian bagi anak itu sendiri.

Singkat kata, hidup saat itu sederhana. Jauh sebelum televisi ada- apalagi smartphone, orang-orang akan berkumpul dan bercerita atau membicarakan kejadian sehari-hari. Bagi yang hobi berburu, mereka akan pergi berburu. Sementara petani akan banyak menghabiskan waktunya dengan bertani, dan masih banyak lagi.

Lantas apa yang mereka lakukan jika butuh hiburan? Adakalanya, mereka mencari hiburan dari media cetak atau buku-buku, yakni dengan membaca. Tak sedikit, bahkan menulis.

Membaca dan Menulis

Ya, bertahun-tahun yang lalu, jauh sebelum ada TV, membaca dan menulis bisa dibilang jauh lebih dihargai dan ini bisa dilakukan baik oleh orang tua ataupun anak-anak. Mereka sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk meringkuk dengan buku bagus di hadapannya.

(Baca juga: 8 Hal Produktif dan Kreatif yang Bisa Dilakukan Selama ‘di Rumah Aja’)

Jika tidak, mereka akan menulis surat yang sangat panjang untuk teman atau keluarganya yang tinggal nun jauh disana.

Mendengarkan Radio

Selain membaca dan menulis, mendengarkan radio juga menjadi hal lainnya lagi yang dilakukan orang untuk memperoleh hiburan saat televisi belum ditemukan. Dari mendengarkan musik, “menonton” drama radio hingga memperbanyak pengetahuan dengan berita-berita.

Nah, ngomong-ngomong soal radio, perlu diketahui bahwa media hiburan ini telah lebih dulu ditemukan sebelum televisi ada. Sejarah penemuannya sendiri dimulai di Inggris dan Amerika Serikat. Donald Mc. Nicol dalam bukunya Radio’s Conquest of Space menyatakan bahwa terkalahkannya ruang angkasa oleh radio dimulai tahun 1802 oleh Dane, yaitu dengan ditemukannya suatu pesan dalam jarak pendek dengan menggunakan alat sederhana berupa kawat beraliran listrik.

Penemuan berikutnya adalah oleh tiga orang cendikiawan muda, diantaranya adalah James Maxwell yang berkebangsaan Inggris pada tahun 1865. Ia dijuluki scientific father of wireless, karena berhasil menemukan rumus-rumus yang diduga mewujudkan gelombang elektromagnetik, yakni gelombang yang digunakan radio dan televisi.

0 responses on "Mengintip Kehidupan Manusia Sebelum Ada TV"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy