Setup Menus in Admin Panel

Kenapa 14 November Jadi Hari Diabetes Sedunia?

14 November diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia. Di hari ini kampanye kesadaran global terhadap diabetes mellitus digalakkan. Tujuannya sederhana, mengingatkan dunia pada isu diabetes agar selalu mendapat perhatian publik. Tapi apa sepenting itu?

Diabetes sendiri, meski bukanlah penyakit menular, serta dapat diobati dan dicegah, nyatanya bukanlah penyakit yang bisa dipandang sebelah mata mengingat peningkatannya yang cukup pesat di seluruh dunia. Menurut siloamhospitals.com, setidaknya ada 425 juta pasien diabetes per tahun 2017 di dunia. Angka ini diperkirakan akan meningkat sebesar 45% atau setara dengan 629 juta pasien per tahun 2045.

Ini tentunya bukan angka yang sedikit. Karenanya, tidak berlebihan jika perhatian lebih dialamatkan pada penyakit Diabetes. Salah satunya dengan menetapkan 14 November sebagai Hari Diabetes Sedunia.

(Baca juga: Mengenal 7 Sleep Disorder yang Membuat Tidur Tidak Ideal)

14 November sendiri menandai hari kelahiran Sir Frederick Banting, yang bersama Charles Best dan John James Rickard Macleod, pertama mengagas penemuan insulin pada tahun 1922. Insulin adalah sebuah hormon polipeptida yang mengatur metabolisme karbohidrat. Selain merupakan “efektor” utama dalam homeostasis karbohidrat, hormon ini juga ambil bagian dalam metabolisme lemak dan protein – hormon ini bersifat anabolik yang artinya meningkatkan penggunaan protein.

Ulang Tahun Sir Frederick Banting

Hari Diabetes dunia dirayakan pertama kalinya pada 1991 oleh Federasi Diabetes Internasional (IDF) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam menyikapi peningkatan pesat diabetes di seluruh dunia. Secara resmi, Hari Diabetes Dunia diresmikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2006 bersamaan dengan disahkannya Resolusi PBB 61/225.

Melansir Wolddiabetesday, Hari Diabetes Sedunia merupakan kampanye kesadaran diabetes terbesar di dunia yang menjangkau audiens global lebih dari 1 miliar orang di lebih dari 160 negara. Kampanye ini menarik perhatian pada isu-isu yang sangat penting bagi dunia diabetes dan menjaga agar diabetes tetap menjadi sorotan publik dan politik.

Isu yang dibahas dalam setiap peringatan pun berbeda setiap tahunnya. Namun dengan tetap memiliki benang merah yang sama, yakni terkait faktor-faktor yang mempengaruhi risiko diabetes dan komplikasinya. Sebagai contoh, Mata dan Diabetes di tahun 2016, Makan Sehat di tahun 2015 dan Biru untuk Sarapan di tahun 2014. Tahun ini, kampanye Hari Diabetes Dunia berfokus pada tema The Nurse and Diabetes.

Kampanye Hari Diabetes Sedunia diwakili oleh logo lingkaran biru yang diadopsi pada tahun 2007 setelah disahkannya Resolusi PBB tentang diabetes. Lingkaran biru sendiri merupakan simbol global untuk kesadaran diabetes. Ini menandakan persatuan komunitas diabetes global dalam menanggapi epidemi diabetes.

0 responses on "Kenapa 14 November Jadi Hari Diabetes Sedunia?"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy