Setup Menus in Admin Panel

Catat, 7 Hard Skill Ini Sangat Disukai Pemberi Kerja!

Dalam upaya melaksanakan perekrutan, sebuah perusahaan dalam hal ini pemberi kerja akan menentukan berbagai kualifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Mulai dari pengalaman, usia hingga skill – baik hard skill maupun soft skill, sesuai dengan posisi kosong yang ditawarkan.

Namun demikian, tak menutup kemungkinan bahwa perusahaan juga akan mempertimbangkan kemampuan lainnya, soft maupun hard skill yang dimiliki oleh seorang pelamar kerja. Pun, meski adakalanya itu tidak berhubungan langsung dengan posisi yang ditawarkan.

Pada dasarnya, hard skill adalah bagian dari rangkaian keterampilan yang diperlukan untuk suatu pekerjaan atau posisi tertentu yang sedang ditawarkan kepada para pencari kerja. Didalamnya melingkupi suatu keahlian lain yang dimiliki oleh seorang individu dalam menunjang pekerjaan.

Nah, berikut adalah 7 hard skill yang sangat disukai oleh perusahaan atau perekrut atau pemberi kerja dalam menentukan atau memilih calon pekerja yang cocok dengan pekerjaan yang ditawarkan dan juga memahami kultur dari perusahaan tersebut, diantaranya:

  1. Teknologi komputer

Bagi setiap calon pelamar, curriculum vitae (CV) merupakan informasi yang disampaikan agar perusahaan atau pemberi kerja dapat memiliki ketertarikan terhadap si pelamar. Umumnya, calon pekerja atau pelamar akan mencantumkan pemahaman yang dimiliki atas dasar teknologi komputer. Dimana hampir sebagian besar perusahaan pasti akan menggunakan alat tersebut sebagai pendukung pekerjaannya nanti.

Beberapa contoh hard skill di bidang teknologi komputer adalah pemahaman terhadap program Microsoft office suite, Media sosial, Html, Analisis, hingga Tabel pivot.

2. Komunikasi

Komunikasi merupakan hal yang penting dalam keseharian, tak terkecuali di dunia kerja. Umumnya, perusahaan akan menyampaikan dalam kualifikasi yang harus dimiliki oleh para calon karyawannya mulai dari kemampuan bahasa asing, komunikasi digital, copywriting hingga editing. Jika kamu memiliki salah satunya, maka ini akan menjadi nilai lebih.

3. Analisis data

Keahlian analisis data menjadi salah satu faktor lainnya bagi perusahaan dalam mencari karyawan. Perusahaan menilai, pelamar yang memiliki keahlian analisis data akan memberikan usaha yang besar dalam menjalankan kinerjanya seperti kemampuan dalam menganalisis data mining,  data presentation, resource management, data engineering, database management hingga data analytics social media.

4. Sertifikasi dan lisensi

Bagi para pelamar, untuk meningkatkan skill biasanya bisa dilakukan dengan mengasah diri melalui berbagai lembaga pelatihan. Umumnya pelatihan yang diikuti akan menerbitkan sertifikasi atau lisensi untuk mendukung keabsahan dari skill yang dimiliki. Tak heran, dalam proses rekrutmen perusahaan akan mempertanyakan hal ini kepada para pelamar kerja. Dan ini penting untuk disampaikan.

5. Pemasaran

Kesuksesan perusahaan sangat ditentukan oleh kemampuan seorang marketer untuk meyakinkan konsumen dalam membeli produk atau layanan perusahaan, sehingga dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kinerja perusahaan.

(Baca juga: 10 Kebiasaan yang Hanya Dimiliki Karyawan Sukses)

Untuk bisa menjual CV, para pelamar kerja seringkali menunjukan kemampuan pemasaran sehingga perusahaan memberikan ketertarikan terhadap informasi yang disampaikan.

Tak heran, perusahaan biasanya mencantumkan beberapa hal  dalam kualifikasi yang disampaikan kepada pelamarnya, terkait apakah dia memiliki kemampuan Search engine optimization (SEO), Search engine marketing (SEM), Marketing campaign management, Google analytics, Content management systems (CMS), dan lainnya.

6. Desain

Desain merupakan salah satu materi yang dibutuhkan dalam sebuah perusahaan untuk mengkomunikasikan banyak hal, mulai dari pemasaran, produk, hingga informasi lainnya. Maka tak heran perusahaan atau pemberi kerja akan menyampaikan beragam kualifikasi ini.

Umumnya hard skill desain yag dibutuhkan oleh perusahaan adalah user interface (UI) design, user experience (UX) design, adobe creative suite (photoshop, indesign, dll.), digital product design software, seperti invision dan zeppelin dan masih banyak lainnya.

7. Teknologi Internet

Perkembangan teknologi jaringan dan internet dari waktu ke waktu semakin berkembang, kebutuhan perusahaan akan kemampuan teknologi ini pun sontak meningkat.

Umumnya, hard skill yang dibutuhkan terkait ini adalah Cloud architecture, Storage and data management, Networking communication, Cloud middleware technologies, Cloud applications, Software revision control systems, Android development, Ios app development, Web architecture and development framework, Angular and node apps hingga security network. Nah, kamu memiliki salah satunya?

0 responses on "Catat, 7 Hard Skill Ini Sangat Disukai Pemberi Kerja!"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy