Setup Menus in Admin Panel

Alasan Kenapa Kerja di Kantor Selalu Lebih Menyenangkan

Sejak PSBB diberlakukan pada Maret lalu, dinamika pekerjaan pun sontak berubah. Para pekerja yang dulu kerap kerja di kantor, kini ‘dipaksa’ untuk bekerja dari rumah. Work From Home, demikian kita lantas mengenai istilah ini. Tak pelak, segala sesuatu yang awalnya bisa dibicarakan secara langsung, kini hanya hanya dibahas lewat perantara video konferensi.

Cara kerja model baru ini menuntut kemampuan adaptasi yang sangat tinggi dari masing-masing pekerja. Paling tidak, mereka harus kembali mengatur waktu selama bekerja dari rumah, belajar aplikasi konferensi video, hingga menyiapkan koneksi internet untuk mendukung pekerjaan dan komunikasi dengan tim lainnya.

Banyak orang mulai terbiasa dengan proses baru ini. Namun tidak sedikit juga yang mulai berteriak dalam hati untuk kembali bekerja di kantor. Karena bagaimana pun, ada tak sedikit alasan yang membuat kerja di kantor lebih menyenangkan ketimbang bekerja dari rumah.

Dari adanya kebersamaan hingga fasilitas yang memadai, berikut beberapa alasan mengapa bekerja di kantor selalu lebih menyenangkan ketimbang bekerja dari rumah.

Ada kebersamaan

Salah satu faktor yang membuat kerja di kantor lebih menyenangkan adalah adanya kebersamaan dengan orang lain. Di kantor, rekan di sebelah atau seberang ruangan akan membuat seseorang tidak merasa sendirian. Hal ini akan membuat kedekatan tersendiri dengan rekan se-kantor.

(Baca juga: Hal-hal yang Hanya Bisa Dimengerti Oleh Pekerja Kantoran)

Tidak hanya itu, unsur kedekatan ini akan membuat sebuah tim semakin solid dan dapat bekerja sama dengan baik untuk meraih target yang sudah ditentukan. Belum lagi momen ketika makan bersama saat jam istirahat tiba atau sekadar bersenda gurau ketika sedang merasa jenuh saat bekerja. Hal ini tidak akan bisa didapatkan ketika menjalani kerja dari rumah.

Koordinasi lebih mudah

Komunikasi menjadi salah satu faktor penting dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, apalagi kalau sedang ada proyek yang digarap oleh satu tim. Tidak bisa dipungkiri, kalau bekerja dari rumah sudah difasilitasi dengan berbagai platform untuk mendukung komunikasi dalam tim.

Meski begitu, komunikasi interpersonal tidak selalu harus dilakukan secara verbal. Ada bentuk-bentuk komuniksi inverbal yang tidak bisa didapatkan ketika melakukan komunikasi melalui aplikasi, seperti ekspresi, gerak tubuh dan sebagainya.

Kinerja terjaga

Bekerja di kantor bersama dengan atasan tentunya akan membuat kinerja dan produktivitas lebih terjaga ketimbang bekerja dari rumah. Atasan akan menjadi kontrol baik ketika bekerja dari kantor. Belum lagi ketika pegawai melihat rekan sejawatnya juga bekerja keras selama di kantor. Lingkungan yang kondusif selama di kantor akan memastikan kinerja terjaga dengan baik.

Minimnya pengawasan dari atasan bisa menjadi bumerang ketika bekerja dari rumah. Tentunya tidak semua orang dapat mempertahankan kinerja mereka dengan segala dinamika yang terjadi. Dari anak yang perlu diawasi, lingkungan yang bising, dan sebagainya.

Adanya batasan yang jelas

Pernah merasa kesulitan mengatur waktu saat bekerja dari rumah? Berarti kamu tidak sendirian. Hal itu lantaran kaburnya batasan antara kantor dengan rumah. Bekerja di kantor menawarkan batasan yang jelas antara kehidupan karir dengan kehidupan pribadi. Aturan kantor menyebut dengan jelas kapan pegawainya harus masuk dan pulang, serta kapan pegawainya harus istirahat siang.

Dengan berakhirnya jam kantor, berakhir pula lah pekerjaan di hari itu. Lain halnya ketika bekerja dari rumah. Perlu manajemen waktu yang sangat baik untuk dapat mengatur batasan. Sekalipun bisa, bekerja dari rumah bisa lebih melelahkan ketimbang bekerja dari kantor. Ini karena distraksi kemungkinan lebih banyak. Misalnya, membersihkan rumah, memberi makan hewan, atau mungkin terganggu secara tidak langsung oleh lingkungan sekitar.

Fasilitas memadai

Sudah jelas bahwa kantor didesain untuk bekerja. Karena itulah berbagai fasilitas yang dibutuhkan disiapkan guna mendukung pekerjaan. Kantor biasanya menyediakan koneksi internet, perangkat untuk bekerja dan sebagainya untuk menjamin pekerjaan dapat selesai dengan baik.

Sayangnya rumah didesain bukan untuk itu. Ada beberapa fasilitas yang umumnya tersedia di kantor, tapi tidak ada di rumah. Misalnya, koneksi internet yang stabil, ruang kerja yang nyaman, area rumah yang terlalu sempit dan sebagainya. Hal-hal inilah yang membuat bekerja di kantor terasa lebih nyaman dan menyenangkan ketimbang di rumah.

Ada yang tidak bisa dikerjakan dari rumah

Meski bekerja dari rumah mungkin untuk dilakukan, ada beberapa hal yang adakalanya tidak bisa diselesaikan tanpa harus ke kantor. Karena itulah, meski disebut bekerja dari rumah, ada kalanya seseorang harus mengunjungi kantor demi menyelesaikan pekerjaan tersebut. Misalnya, mengambil data penting atau hal lain yang hanya bisa dilakukan di kantor.

So, pilih mana, bekerja dari rumah atau di kantor?

0 responses on "Alasan Kenapa Kerja di Kantor Selalu Lebih Menyenangkan"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy