Setup Menus in Admin Panel

10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia

Berpuluh-puluh bahkan beratus tahun yang lalu, manusia pra sejarah menggunakan isyarat sebagai bahasa sehari-hari dalam berkomunikasi. Bahasa isyarat inilah yang menjadi cikal bakal munculnya berbagai bahasa di dunia. Dari yang digunakan oleh beberapa gelintir orang saja, sampai yang paling banyak digunakan di dunia. Bahasa global, demikian ini disebut.

Bahasa global atau bahasa dunia sendiri jika mengacu pada Wikipedia, bisa diartikan sebagai istilah untuk bahasa-bahasa dengan jumlah penutur yang banyak atau tersebar di berbagai belahan dunia. Penyebaran bahasa global ini terjadi karena beberapa faktor, salah satunya migrasi penutur bahasa.

Bahasa Inggris, dalam hal ini adalah salah satunya. Bahkan bahasa ini dianggap sebagai bahasa global utama dunia, ditunjukkan melalui penggunaannya sebagai bahasa resmi PBB dan Bank Sentral Eropa, bahasa kerja ASEAN dan banyak organisasi antarpemerintah lainnya. Bahasa Inggris juga merupakan bahasa kerja de facto penelitian ilmiah.

Tapi, apakah bahasa Inggris hanyalah satu-satunya bahasa yang paling banyak digunakan orang di dunia? Tentu saja tidak. Di luar sana, masih ada banyak lagi bahasa yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Dari yang hanya digunakan di satu negara, hingga yang digunakan di banyak negara sekaligus. Nah, bahasa apa saja?

Bahasa Mandarin

Menilik dari bangsa Cina/Tiongkok yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia, mencapai lebih dari 1,4 miliar jiwa, tidak berlebihan jika bahasa Mandarin menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan. Cina juga memiliki penyebaran ras di hampir seluruh dunia seiring dengan imigrasi yang dilakukan.

Penyebaran ini tentunya sekaligus membawa bahasa mandarin menjelajah dunia. Bahasa Mandarin kini sudah bermigrasi ke lebih dari 33 negara di Dunia lho. Tidak salah bila Bahasa Mandarin didapuk sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, bahkan ada yang menyebutkan jumlah penggunanya di luar Cina mencapai lebih dari 1 miliar.

Bahasa Hindi

Sebagai bahasa yang lahir di negara dengan jumlah penduduk terbanyak berikutnya di dunia, bahasa Hindi sudah barang tentu memiliki banyak penutur asli. Ya, setidaknya ada sekitar 615 juta orang yang menggunakan bahasa Hindi di India.

Tak hanya itu, bahasa Hindi juga digunakan di negara-negara seperti Nepal, Fiji, Mauritius, dan Guyana.

Bahasa Spanyol

Jalur perdagangan dan zaman penjajahan menjadi awal perkembangan bahasa Spanyol ke seluruh dunia. Dalam catatan sejarahnya, pada abad ke 16 dan 17 Spanyol berhasil menguasai jalur-jalur maritim di Asia, Afrika dan Amerika. Keberadaannya sekaligus menancapkan kebudayaan maupun bahasanya berkembang pesat di kawasan-kawasan tersebut. Bahkan bahasa spanyol banyak digunakan sebagai bahasa resmi negara-negara di Amerika Tengah dan Selatan.

Kini, bahasa Spanyol konon digunakan oleh lebih dari 340 juta orang di 31 negara di dunia.

Bahasa Bengali

Sebagian dari kita mungkin tak cukup familiar dengan bahasa Bengali. Jadi, tidak aneh jika melihatnya ada di dalam daftar bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, mendatangkan sedikit rasa bingung. Nyatanya, ini digunakan oleh sekitar 265 juta orang di India dan Bangladesh.

Seperti diketahui, pemisahan Bengal oleh Inggris pada tahun 1947 telah membagi (sebagian besar Hindu) Benggala Barat – sekarang bagian dari India, dari Benggala Timur (sebagian besar Muslim), sekarang Bangladesh.

Bahasa Arab

Negara-negara di Timur Tengah umumnya dan Arab Saudi khususnya menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa nasional. Bahkan ada diantara negara di Afrika seperti Mesir dan al Jazair menggunakan Bahasa Arab. Digunakannya bahasa Arab sebagai Bahasa Al Qur’an, menjadi alasan bagi seluruh umat Islam mempelajari maupun menggunakan bahasa Arab.

(Baca juga: Berkenalan dengan 7 Bahasa Paling Tua di Dunia, Indonesia Termasuk?)

Dalam perkembagannya, bahasa Arab digunakan lebih dari 250 juta orang di hampir lebih dari 60 negara di dunia. Bahasa Arab juga menjadi salah satu bahasa tertua di dunia dan banyak meminjamkan kosa katanya ke sejumlah bahasa di Eropa utamanya bahasa Spanyol, Portugis dan Sisilia.

Bahasa Rusia

Dengan sekitar 258 juta penutur asli, bahasa Rusia adalah bahasa berikutnya yang paling banyak digunakan di dunia. Terkenal karena tata bahasanya yang tidak dapat dipahami dan skrip Sirilik yang cukup indah, bahasa ini juga menjadi salah satu dari enam bahasa yang digunakan di PBB.

Bahasa Perancis

Perancis merupakan salah satu negara adidaya yang memiliki daerah jajahan yang luas. Tidak salah, bila Bahasa Perancis banyak digunakan sebagai Bahasa resmi di negara-negara jajahannya. Keelokan bahasa Perancis juga banyak diperbincangkan sebagai bahasa paling romantis di dunia.

Dalam perkembangannya, bahasa Perancis telah dituturkan oleh lebih dari 200 juta jiwa di seluruh dunia.

Bahasa Portugis

Ini adalah bahasa lain yang jangkauannya sangat bergantung pada masa kolonialnya. Mulai abad ke-15, pedagang dan penakluk Portugis membawa bahasa mereka ke Afrika, Asia, dan Amerika. Penyebaran bahasa Portugis mungkin awalnya terkait dengan penjajahan Eropa, tetapi negara-negara terjajah mengembangkan budaya mereka sendiri yang dinamis yang mengubah bahasa itu secara keseluruhan.

Saat ini, bahasa Portugis dituturkan oleh sekitar 234 juta penutur asli di negara-negara seperti Brasil, Goa, Angola, Mozambik, Tanjung Verde, Guinea-Bisseau, São Tomé dan Príncipe, dan Makau.

Bahasa Indonesia

Seperti halnya bahasa Mandarin di Cina dan bahasa Hindi di India, bahasa Indonesia juga memiliki banyak penutur asli, menilik pada besarnya jumlah penduduk di Indonesia. Tak heran jika bahasa Indonesia masuk ke dalam daftar bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Setidaknya, lebih dari 200 juta orang menggunakan bahasa ini. Termasuk kita.

Oh, ada satu fakta menarik juga mengenai bahasa Indonesia. Ya, bersama dengan bahasa Melayu, bahasa kita ini juga termasuk dalam daftar bahasa paling sopan di wilayah Timur dunia lho.

Bahasa Urdu

Menjadi bahasa pergaulan di Pakistan dan sangat mirip dengan bahasa Hindi, bahasa Urdu telah merayap di daftar bahasa yang paling banyak digunakan dalam setahun terakhir.

Dijuluki oleh beberapa orang sebagai bahasa cinta karena kata-katanya yang terdengar menarik dan indah, bahasa Urdu yang memiliki penutur asli 170 juta menjadi pesaing untuk bahasa Perancis.

0 responses on "10 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia"

Leave a Message

top
© 2017 XL Axiata. All rights reserved. Privacy Policy